Home > Electrical Engineering > Gimana Sih Cara Buat Sendiri PLC (Programmable Logic Control) Murah dan Berkualitas…..

Gimana Sih Cara Buat Sendiri PLC (Programmable Logic Control) Murah dan Berkualitas…..

tertarik lebih lengkap artikel download disini :
PLC mikro lengkap

Kemajuan teknologi saat ini telah banyak merubah cara hidup manusia, sehingga pada akhirnya akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Perkembangan teknologi dibidang elektro contohnya, dengan teknologi elektro yang semakin canggih dapat semakin mempermudah manusia dalam melakukan sesuatu. Selain itu, teknologi elektronika tepat guna juga sangat membantu dalam segala aspek kehidupan.

Aplikasi Perangkat elektronik pada umumnya memerlukan suatu media penghubung antara satu perangkat elektronik dengan perangkat elektronik lainnya, salah satu media yang digunakan yaitu media fisik berupa PLC. PLC (kepanjangan Programmable Logic control) adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggantikan rangkaian sederetan relay yang dijumpai pada sistem kontrol proses konvensional. PLC bekerja dengan cara mengamati masukan (melalui sensor-sensor terkait), kemudian melakukan proses dan melakukan tindakan sesuai yang dibutuhkan, yang berupa menghidupkan atau mematikan keluarannya (logika 0 atau 1, hidup atau mati).

PLC banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi industri, misalnya pada proses pengepakan, penanganan bahan, perakitan, otomatis dan sebagainya. Dengan kata lain, hampir semua aplikasi yang memerlukan kontrol listrik atau elektronikmembutuhkan PLC.

Namun harga PLC ini sangatlah mahal sehingga biasanya hanya industry-industri besar saja yang menggunakannya. Maka dari itu penulis terinspirasi untuk membuat atau pun merakit PLC sendiri guna mendapatkan PLC dengan harga yang murah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkannya.Perakitan ini menggunakan buku panduan yaitu :
Artanto, Dian.2009.Merakit PLC Mikro Dengan MikroKontroller.Jakarta: Elex Media
sangat disarankan buat pemula karena sangat detail tentang Mikrokontroller PIC16F877A, penggunaa ladder mikro, serta burning hex-nya, namun buku ini hanya mengarahkan Mikrokontrol sebagai aplikasi serba guna, nah tulisan ini hanya fokus pada perakitan PLC saja

gambar Input (kiri), output (kanan)

  • Rancang bangun PLC mikro

Pada PLC mikro terdiri dari beberapa bagian penting agar dapat bekerja sesuai dengan yang kita harapkan, bagian bagian ini yang akan kita sebut sebagai modul (part) yang akan mendukung agar PLC mikro ini dapat bekerja, berikut gambar bagan kerjanya.

layaknya PLC pabrikan PLC mikro ini juga menggunakan diagram ladder yang disebut “ladder micro” yang memiliki bentuk yang khas ladder diagram.

nah LDMIKRO ini bisa km search di google ato downlot aja disini uda diasiapin bro…:
LDMIKRO (ladder diagram)
project traffic light 4 simpang yag telah saya rancang bisa di lihat disini :
code 4 simpang file ld dan hex

sedabgkan program untuk burning hex ld mikronya bisa diperoleh dsini
PICPgm

berikut schematic yag digunakan dalam PLC mikro ini :

gambar 1, power supply, mikrokontroller (min sys), komunikasi rs 232, input, output.
download schematic dan layout tinggal printnya lengkapnya :
schematic
layout

catatan
namun semua file schemaric hanya dibuka oleh proteus (ARES dan ISIS) silahkan search di google ,krna kapasitas cukup besar “proteus” ato coba link ini
http://www.indowebster.com/Proteus_7_Pro.html
http://www.indowebster.com/Proteus_v72_SP2_Prorar.html
http://www.4shared.com/file/PfJjK81i/Proteus_72FULL.htm

tertarik lebih lengkap artikel download disini :
PLC mikro lengkap

referensi :
Artanto, Dian.2009.Merakit PLC Mikro Dengan MikroKontroller.Jakarta: Elex Media Komputindo.
Malvino.2007.Prinsip-Prinsip Elektronika.Jakarta: Erlangga.
Melore, Phil. Your PLC Tutorial. http://www.plcs.net. Bengkulu, 2009
Team .PIC16F877A datasheet dan BC547 datasheet.www.digi-ware.com, Bengkulu, 2009
Stadler. PICPgm-Free PIC Development Programmer For Windows. http://www.members.aon.at/electronics/pic/picpgm/. Bengkulu, 2009
Westhues, Jonathan. Ladder Logic For PIC and AVR. http://www.cq.cx/ladder.pl. 2009

  1. sudrajat
    May 11, 2010 at 6:10 pm

    Mas Sonny

    Abis berapa duit bikin modul PLCnya?
    tx

  2. sonnyfebrianto
    May 15, 2010 at 8:03 am

    terimaksih…ud singgah, kmren itu 330rb abis…., karena daerah saya bengkulu, semua alat2 vitalnya speti uC, dipesan dari surabaya, mgkn klo didaerahnya mas uda tersedia, akan lebih murah…

  3. May 21, 2010 at 12:27 pm

    wah hebat sekali membuat plc sendiri. saat ini saya hanya bisa memrogram tidak terlintas di benak saya untuk membuat sendiri. kalau nanti saya ada waktu pasti akan membuat seperti artikel di atas.
    terima kasih sudah berbagi betul betul sangat bermanfaat bagi saya

  4. June 13, 2010 at 11:16 am

    umbmIp rnniabirjssi, [url=http://oupkrlkqtuhp.com/]oupkrlkqtuhp[/url], [link=http://fxsnbdlruuni.com/]fxsnbdlruuni[/link], http://pqmtlqpbeosh.com/

  5. wijaya
    June 27, 2010 at 9:38 pm

    aslmkm.. maaf sebelumnya mas, klo saya pesen udah dalam bentuk rangkaian bisa g?? saya kepengen belajar plc beneran, tapi blm kesampaian cz tidak punya cukup biaya. mo bikin sendiri spt mas, masih ragu2 bisa pa g, krena udah 3x bikin gagal mulu.. hehe… mungkin klo mas mau berbaik hati, akan sangat berarti bagi saya. saya ada anggaran 700ribu, unt ini. bisa g bantu buatkan modulnya sekalian komunikasi ke pc nya??? bantuannya sangat diharapkan. klo bs mhn dikhabarin ke 01815121 7131419 7121418.. trims

    • sonnyfebrianto
      July 16, 2010 at 2:27 pm

      @wijaya
      sebenarnya sya sangat tertarik dengan tawaran mas, akan tetapi saat ini sya sedang dalam kuliah kerja nyata (KKN) selama 2 bulan juli-agustus, jd selama itu akses keuniversitas-dan internet sya….istirahat, maaf baru dbls….

  6. Dias Agung W
    August 20, 2010 at 10:50 am

    mas, saya sudah berhasil membuat PLC tersebut juga, yang saya tanyakan bagaimana cara mengkoneksikan PLC yang say buat dengan komputer…
    mohon modul nya…
    saya butuhkan modolnya dalam minggu ini…

    semua aplikasi rangkaian sudah berjalan termasuk input outputnya,…
    jelaskan juga penggunaan software PICpgm dan software Terminalnya…

    • sonnyfebrianto
      August 31, 2010 at 1:04 pm

      mhon maaf mas…bru bs olnine lagi…, sebenarnya modul yang paling sederhana ada dibukuyg sy sbtkan…..penggunaan langsng ada…..bhkn videony jg ad…., tp itu kn brlisensi, untuk sementara….source yang lain msih terlalu memusingkan dan bertele-tele….

  7. popo
    September 7, 2010 at 3:04 pm

    Mas. . . bantuian aq dunk. . .Wat proyek akhir nich. . Suruh buat jaringan pake PLC. . Mohon bantuannya. .

    Minta info yang lebih detail lagi. . .saya mengharapakan mas.
    makasih

    • sonnyfebrianto
      September 7, 2010 at 4:04 pm

      asal msh dlm jangkauan ilmu sy, knp gx…..

  1. June 1, 2010 at 8:23 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: